Jumat, 09 September 2011

Obat maag kronis kunyit Papua

| Jumat, 09 September 2011 | 0 komentar

Kunyit tidak hanya sebagai bumbu masak tetapi dapat pula digunakan sebagai obat, salah satunya mengobati maag kronis. Kunyit yang digunakan adalah kunyit yang berasal dari Papua.

Kunyit Papua
Pengalaman saya pribadi mengamati kasat mata terhadap kunyit dari Papua memang sedikit berbeda dengan yang selama ini saya lihat. Kunyit Papua lebih besar besar dan warna kuning yang ada dalam umbinya lebih kuat warnanya. Secara kimia memang belum didapatkan data-data yang membedakannya dengan umumnya.

Pengalaman teman yang sembuh asam lambungnya menjadikan saya segera meminta saudara yang di Papua untuk mengirimkan beberapa kunyit. Dan setelah saya gunakan untuk obat asam lambung saya, hanya 5 hari sudah sembuh. Alhamdulillah

Cara Pemakaian
Cincang dua rimpang kunyit seukuran ibu jari, direbus sampai mendidih dengan 1,5 gelas air  sekitar 15 menit. Kemudian disaring untuk diminum tiga kali sehari sampai nyeri lambung tidak ada lagi. Jika anda merasa pahit maka dapat dicampur dengan madu atau gula merah.
Cara lain bisa digunakan dengan menghaluskan kunir yang sudah bersih dengan beberapa alat, dijemur kering, sehingga menjadi bubuk kunir. Ambil satu sendok teh, tuangi air mendidih setengah gelas dan aduk. Kemudian saring untuyk diambil airnya, tambahkan madu, dan minum.
Pemakaian kunyit ini jangan berlebihan, karena akan menjadikan kandung empedu kosong, sehingga menyebabkan pencernaan terganggu. Dosis yang berlebihan akan kontraproduktif terhadap kerja lambung, yaitu karena konsentrasi asam lambung (asam klorida) tertekan. Fungsi asam lambung dengan konsentrasi normal antara lain sebagai disinfektans, perangsang pengeluaran getah lambung, getah pancreas dan empedu, serta mengaktifkan enzim lambung.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com